Vhendy_Berg Adventure sayap kiri

Vhendy_Berg Adventure sayap kiri

Senin, 12 Mei 2014

“NUSA UTARA di TAPAL BATAS NKRI”


Kepulauan Sangihe adalah salah satu pulau terluar bagian utara Indonesia yang berada di Provinsi Sulawesi utara yang berbatasan dengan Negara tetangga Fhilipina, keragaman budaya, tradisi, serta adat istiadat masih terasah kental terdapat di sini.
secara geografis Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak diantara  4O 4’ 13’’ -     4O 44’ 22’’ Lintang Utara, 125O 9’ 28’’ - 125O 56’ 57’’ Bujur Timur, berada antara Pulau Sulawesi dengan Pulau Mindanao (Republik Pilipina)  dan merupakan bagian integral dari Propinsi Sulawesi Utara dengan ibukota Tahuna dengan jarak tempuh 142 mil laut dari Manado sebagai ibukota  Propinsi. Secara keseluruhan luas wilayahnya mencapai  11.863,58 km2 yang terdiri dari daratan seluas 736,98 km2 atau 6,2 % dan lautan seluas 11.126,61 km2
Sebagai daerah kepulauan, Sangihe memiliki 105 buah pulau dengan 26 buah pulau berpenghuni dan 79 buah pulau belum berpenghuni. Memiliki garis pantai mencapai + 297 km, pengembangannya lebih dominan pada pemanfaatan sumber daya perikanan dan kelautan. Jika dilihat dipeta Indonesia hampir tidak Nampak jelas, bahkan hanya titik kecil yang seakan tak menarik pandangan mata. Namun Kepulauan Sangihe adalah salah satu kepulauan perbatasan NKRI yang paling utara berbatasan dengan Negara Fhilipina, dan merupakan Pulau Pengawal setia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
            Pada tahun 1999 Bagian Selatan Indonesia pulau Timor-timur telah memisahkan diri dari Indonesia, di bagian barat Pulau Sumatera, Gerakan Aceh Merdeka (GAM) juga menuntut kemerdekaan dan ingin keluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan di bagian timur Pulau Papua juga mau melepas diri dan ingin merdeka, dan ingin keluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia lewat Organisasi Papua Merdeka (OPM). Tapi Kepulauan Sangihe sebagai kepulauan di tapal batas utara NKRI hingga saat ini selalu setia mengawal dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga detik ini.
Karena itu, saya bangga menjadi anak pulau Nusa Utara sebagai Penjaga perbatasan Utara NKRI…!! Meski secara skala nasional pulau Sangihe tidak terlalu terkenal dan diketahui oleh seluruh penduduk nusantara, tapi saya merasa bangga akan segalah yang di daerah Sangihe tercinta..
 Malunsemahe…..“SOMAHE KAI KEHAGE”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar